Keuntungan Windows 64 Bit

Jika anda adlah termasuk orang yang ragu-ragu untuk mamakai windows 64 bit, walaupun anda sudah memakai processor yang mendukung 64 bit. kali ini kita akan membahas tentang windows 64 bit. Baru setelah Microsft mengeluarkan service pack 1 untuk windows vista dan juga karena murahnya harga RAM di pasaran mungkin anda mulai terpikir untuk memakai vista 64 bit. Jika Problem klasik yang anda alami di Windows 32 bit adalah masalah memory, apalagi aplikasi-aplikasi modern haus akan memory. Secara teoritis Windows 32 bit, baik XP maupun Vista mendukung memory hingga 4 GB, jumlah yang cukup bila Anda menggunkan laptop. Berikut ini adalah jawaban resmi dari microsoft mengenai dukungan memory klik di sini 

Berdasarkan pengalaman dari teman saya sendiri memakai Vista 32-bit di Asus A42 dengan 4 GB RAM, ternyata memory yang di tampilkan oleh windows adalah 2.8 GB, lalu kemana sisa RAM tersebut? Ternyata hal ini berkaitan dengan address space, di mana hardware akan mengalokasikan address space untuk PCI bus, VGA, memory dan resources lainnya. Operating system 32-bit memerlukan sebgaian dari 4GB address space untuk hal tersebut, mengurangi dari maximum memory yang tersedia. Sehingga bila VGA anda memakai memory sebesar 1GB, maka memory yang tersedia akan kurang dari 3GB, karena 1 GB akan terpakai untuk address space dari VGA, dan juga untuk untuk hardware lainnya. Masalah di atas berkaitan dengan arsitektur 32 bit.. Gampangnya sih, dengan windows 32-bit, memory maksimum kita berkisar antara 2.5 GB s/d 3.75 GB tergantung kepada konfigurasi komputer. Untuk lengkapnya bisa di baca klik di sini 

Nah, oleh karena itulah Dia jadi bertekad untuk pindah ke Vista 64-bit, dengan alasan sederhana saja, yaitu ingin memanfaatkan secara maksimal hardware yang dia punya. Beberapa keuntungan memakai Vista 64: 
  • Bit Mendukung memory lebih dari 4 GB, sehingga RAM saya sepenuhnya terpakai, dan lebih banyak memory berarti performa komputer saya akan lebih baik. 
  • Lebih aman, karena Vista 64bit mendukung Data Execution Package (DEP) secara hardware dan juga Vista 64-bit ada fitur Kernel Patch Protection, yang mencegah aplikasi melakukan modifikasi pada kernel Windows ( yang umum di lakukan oleh virus) 
  • Lebih cepat apabila menjalankan aplikasi 64-bit Jadi masih mau pakai Windows 32 bit?
Keuntungan Windows 64 Bit Keuntungan Windows 64 Bit Reviewed by Unknown on 18:24:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.