Persiapan Saaat Musim Hujan Tiba


Setiap musim hujan mulai datang maka kita butuh beberapa persiapan khusus. Seperti menjaga kesehatan agar tetap bisa melakukan aktivitas sehari-hari. Musim hujan seperti sekarang membuat hujan bisa datang kapan saja terlebih perubahan cuaca yang tak tentu menjadikan kita harus selalu siap dalam keadaan cuaca apapun untuk tetap beraktivitas seperti biasanya.
Ada beberapa hal penting yang bisa dijadikan tips untuk menjaga kesehatan kita di musim hujan. Karena saat musim hujan kondisi cuaca menjadi tak seperti biasanya maka kita perlu mengubah sedikit kebiasaan kita dalam kehidupan sehari-hari.

1. Menjaga daya tahan kondisi tubuh.
                                                 Sourch: www.washngtu.edu

Guyuran hujan yang turun terus menerus dan udara dingin yang tak biasa dapat membuat kita jatuh sakit. Penyakit yang kerap muncul kala musim hujan adalah flu yang biasanya disertai dengan kepala pusing dan batuk. Kita perlu menjaga daya tahan tubuh seperti dengan makan makanan bernutrisi yang seimbang ditambah dengan buah dan sayur. Lebih baik lagi bila ketika hujan kita memiliki makanan dan minuman yang disajikan dengan hangat. Bila perlu kita bisa mengonsumsi multivitamin terutama yang memiliki vitamin C untuk yang alami bisa dipilih dengan minum jahe hangat atau madu.

2. Menjaga tubuh dari guyuran hujan.
                                                                   https://ppcdn.500px.org

Bila sudah yakin memiliki pola makan yang tepat bukan berarti kita bisa bebas dari guyuran hujan. Alangkah baiknya bila kita berteduh ketika hujan mulai turun atau bisa saja dengan membawa payung agar kita tetap bisa bebas dari guyuran hujan. Sebaiknya anda merencankan aktivitas anda hari ini sejak awal pada pagi hari sehingga anda bisa berstrategi bila hujan tidak terlalu menghambat aktivitas anda.
                                      
3. Membawa bekal dan mempersiapkan obat.

                                          Sourch:amatureboyz.wordpress.com

Dianjurkan untuk mempersiapkan bekal seperti makanan kecil dan minuman serta obat-obatan. Sehingga bila anda merasa daya tahan tubuh mulai berkurang atau merasa akan sakit maka anda bisa mengantisipasinya sejak awal dengan demikian kalaupun akhirnya sakit tidak terlalu parah dan hanya membutuhkan waktu yang sebentar untuk bisa sembuh kembali.

4. Bila terlanjur terkena hujan.


                                        Sourch: www.manfaatnyasehat.com

Ketika hujan tak bisa dihindari maka begitu sampai di rumah usahakan untuk banyak mengonsumsi makanan yang bernutrisi terlebih lagi yang disajikan dengan hangat dan sehat seperti sup begitu juga dengan minuman sebisa mungkin yang hangat. Ada baiknya bila di rumah memiliki persediaan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk misalnya, selain bisa dimakan langsung bisa juga menjadi minuman jeruk hangat.

5. Istirahat yang cukup.
                                               Sourch:www.imanprabawa.com

Maksimalkan waktu luang yang anda miliki untuk beristirahat secukupnya. Saat musim hujan biasanya kita membuang waktu dan energi yang cukup banyak bahkan untuk sekedar berteduh dari hujan ketika sedang di perjalanan. Istirahat yang cukup membuat anda memiliki daya tahan tubuh yang stabil dan juga dilakukan bersamaan dengan melakukan pola makan yang seimbang.

6. Menjaga si kecil dari hujan.
                                                                  Sourch:http://soulofjakarta.com

Perhatikan juga kondisi anak anda, aktivitas si kecil yang banyak harus diimbangi dengan daya tahan tubuh yang kuat. Pastikan mereka sudah sarapan sebelum berangkat sekolah, persiapkan pula bekal untuk mereka meski hanya sekedar makanan kecil dan minuman. Bisa saja ketika pulang sekolah ternyata hujan mulai turun sehingga ia tidak bisa langsung pulang ke rumah. Sambil berteduh menunggu hujan turun ia bisa makan bekal yang sudah dibawanya. Bawakan juga payung untuknya, usahakan payung tidak terlalu besar dan berat sehingga tidak merepotkannya untuk dibawa ke sekolah. Pastikan ia memiliki makanan yang bernutrisi dan bisa ditambah dengan buah dan susu serta vitamin. Bila anda memiliki waktu luang disarankan untuk mengantar dan menjemput anak anda saat bersekolah. Karena biasanya ketika hujan maka angkutan kendaraan umum akan susah dicari dan tentunya dengan selalu bersamanya anda bisa selalu menjaga kesehatan anak agar tetap ceria menjalankan aktivitasnya.
Musim hujan datang, bencana pun datang
Bukan hal yang aneh lagi bila musim hujan disambut dengan banjir dan tanah longsor. Terutama di daerah yang lingkungannya tidak terlalu terurus maka banjir telah menjadi sahabat ketika musim hujan. Peristiwa ini seharusnya menjadi kesadaran bagi kita akan pentingnya untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan.
Bila wilayah rumah anda merupakan daerah yang rawan banjir maka persiapkanlah segala sesuatunya dengan baik sehingga ketika banjir datang anda sudah siap untuk menghadapinya. Usahakan untuk meletakkan barang-barang di rumah di tempat yang lebih tinggi seperti di atas meja dan lemari. Buat alur yang baik sehingga genangan air tidak bisa masuk ke dalam rumah atau kalaupun masuk maka aturlah cara untuk membuat air bisa keluar dari rumah.
Jagalah barang berharga yang ada di rumah untuk tidak terkena banjir. Persiapkan perlengkapan seperti pakaian dan lain-lain agar ketika banjir anda sudah memiliki persiapan untuk kondisi yang terburuk. Jaga anak-anak dan usahakan agar selalu ada di dalam rumah sehingga dapat dengan mudah untuk mengawasinya.
Kondisi banjir akan menimbulkan genangan air yang tak sehat biasanya dijadikan nyamuk untuk bertelur dan juga dapat menibulkan penyakit kulit dan gangguan pernafasan. Bila banjir mulai surut maka langsung bersihkan rumah dan lingkungan sekitar. Perhatikan kondisi anak agar kesehatannya bisa terus terjaga.
Sekiranya musim hujan membuat kita lebih memperhatikan akan pentingnya kesehatan dan kebersihan. Kebiasaan buruk seperti membuang sampah sembarangan harus menjadi sesuatu yang tidak boleh dilakukan lagi. Kebersihan yang kita lakukan bukan hanya untuk kita semata tetapi juga akan bermanfaat untuk lingkungan dan orang lain.

Persiapan Saaat Musim Hujan Tiba Persiapan Saaat Musim Hujan Tiba Reviewed by Unknown on 03:33:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.