Berikut Penyebab terjadinya musim hujan mewarnai musim kemarau


  
Beberapa minggu terakhir, terjadi musim hujan yang cukup lebat di wilayah indonesia. hal ini, di pengaruhi oleh suatu fenomena alam yaitu La Nina. Mungkin sebagian Masyarkat dengan terjadinya fenomena Alam ini.
fenomena Alam Ini di sebut dengan Fenomena La Nina, yang merupakan bahas latinya yang artinya "Gadis Cilik". La Nina Merupakan Suatu Kondisi dimana terjadi Penurunan suhu laut dikawan timur equator di lautan Pasifik, La Nina tidak dapat dilihat secara fisik, periodenya pun tidak tetap. 
Fenomena ini terjadi sekitar 3 sampai 7 tahun sekali dan berlangsung selama 12 sampai 36 bulan.

Berikut Proses terjardinya La Nina 
1Angin di Samudera Pasifik menguat
La Nina dikatakan sebagai penurunan suhu di permukaan perairan Samudera Pasifik bagian Timur. Pada saat yang demikian ini ada angin pasat timur yang bertiup dan menguat di sepanjang Samudera Pasifik.

2. Massa air hangat terbawa ke arah Pasifik Barat
Karena adanya angin kencang yang bertiup di sepanjang Samudera Pasifik, maka massa air hangat yang akan terbawa ke arah Pasifik Barat akan lebih banyak.
3Terjadinya Upwelling
Karena ada massa air hangat yang terbawa ke Pasifik Barat berjumlah lebih banyak, maka hal ini mengakibatkan massa air dingin di Pasifik Timur bergerak ke atas kemudian menggantikan massa air hangat yang berpindak ke Pasifik Barat tersebut. Kondisi yang demikian ini disebut upwelling. Karena adanya pergantian massa inilah maka suhu di permukaan air laut mengalami penurunan bila dibandingkan dengan kondisi normalnya.
Dampak La Nina terhadap kondisi cuaca indonesia yaitu Fenomena La Nina menyebabkan curah hujan di sebagian besar wilayah Indonesia bertambah, bahkan sangat berpotensi menyebabkan terjadinya banjir. Peningkatan curah hujan ini sangat tergantung dari intensitas La Nina tersebut. Namun karena posisi geografis Indonesia yang dikenal sebagai benua maritim, maka tidak seluruh wilayah Indonesia dipengaruhi oleh fenomena La Nina.  
Namun dampak La Nina ini, sangat berpengaruh bagi masyarakat yang tinggal diwilayah kering, karena tentunya bisa mengurangi terjadinya kekeringan, tentu kita ketahui bahwa rata rata wilayah kering di indonesia cukup banyak terutama di wilayah timur. Sehingga sebagian masyarakat memanfaatkan fenomena  La Nina untuk menanm berbagai tnama petanian, seperti jagung, padi, kacang kedelai dan sebagainya.

perlu dilihat juga bahwa pengaruh  La nina ini dapat menyebabkan terjadinya banjir besar jika ujan terjadi terus menerus. sehingga masyarakat perlu waspada untuk menghadapi segala kemungkinan hal terburuk yang akan terjadi akibat La Nina ini.


Berikut Penyebab terjadinya musim hujan mewarnai musim kemarau Berikut Penyebab terjadinya musim hujan mewarnai musim kemarau Reviewed by Unknown on 07:36:00 Rating: 5

1 comment:

  1. Ya kalau di indonesia masih mending lah musim hujan dan musim kemarau

    ReplyDelete

Powered by Blogger.