Rakatesa Robot Pemadam Api Karya Mahasiswa Universitas Mataram

Persaingan dunia robotic semakin lama semakin canggih dan penuh daya saing. Setiap tahun di tiap-tiap negara selalu mengadakan perlombaan baik ditingkat nasional maupun internasional oleh para pencinta robotic. Baru-bari ini tim robot dari perguruan tinggi indonesia menjuarai perlombaan robot tingkat internasional di Amerika. Hal ini tentu merupakan tantangan dan motivasi tersendiri bagi mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Universitas Mataram. Di jurusan teknik elektro terdapat komunitas robotika, yang merupakan komunitas pencita robot, dimana didalamnya tempat berkarya dan berkreasi yang berhubungan dengan robotic. M. romadanyah dan Samsurizal merupakan tim perancang robot pemadam kebakaran, tim ini diberi nama Rakatesa, yang diambil dari nama robot rancangan mereka dan merupakan tim kedua yang pernah mengikuti perlombaan robot beroda tingkat nasional yang diselenggarakan di Sulawasi selatan. Sebelumnya juga universitas mataram pernah mengirim utusan perlombaan robot tingkat nasional yang di selenggarakan di Palu Sulawesi Tengah.


Pembuatan Rakatesa ini diperlukan ketelitian baik perancangan body, rangkaian pengontrol sampai dengan input program membutuhkan waktu hampir satu tahun hal ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sehingga robot ini siap untuk di perlombakan. Dari paparan M. rohmadhaniyah yang biasa di sapa A’an juga mahasiwa yang menyusun skripsi ini mengatakan “dalam perancangan robot ada beberapa bagian yang cukup lama dalam pengerjaannya yaitu Hadware. Oleh karena itu diperlukan kesabaran dan ketelitian”. selain itu juga A’an juga memberitahukan tentang prinsip kerja robot secara umum, dimana robot ini merupakan mobile robot, dimana robot ini bernavigasi mencari titik api yang akan dipadamkan. Untuk menghindari sentuhan dengan dinding menggunakan sensor jarak yang dipasang pada bagian sisi body robot.

       
.


 Pada pertengahan bulan mei tahun 2012 akan diadakan perlombaan robot tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Politeknik Ujung Pandang. Hal ini tentu diperlukan kesiapan yang matang dari tim robot LIGER ZERO yang merupakan utusan selanjutnya dari UNRAM, sehingga mampu bersaing saat perlombaan nanti. Harapannya dari teman-teman tim liger zero mohon dukungan dan do’a dari teman-teman. So, yang pengen tau tentang liger zero dari kreasi mahasiswa fakultas teknik UNRAM sekaligus merupakan robot andalan dalam perlombaan nanti akan diposting artikel selanjutnya. To be continue….
Rakatesa Robot Pemadam Api Karya Mahasiswa Universitas Mataram Rakatesa Robot Pemadam Api Karya Mahasiswa Universitas Mataram Reviewed by Unknown on 22:57:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.